Berjumpa kembali dengan saya, pada kesempatan kali ini saya
akan membahas tentang random class. Jadi pada library visual studio telah
disediakan random class, random berfungsi untuk memilih angka secara acak atau
random. Angka yang akan kita random dapat dibatasi.
Next () -> angka yang dihasilkan dari 0 sampai bilangan
integer positif
Next(n) -> angka yang dihasilkan dari 0 sampai n-1
Next(n, p) -> angka yang dihasilkan dari n sampai p
Disini kita akan membuat suatu games sederhana, dimana ada
dua buah bilangan yang angkanya ditentukan oleh random class, dan kita diminta
untuk menentukan hasil dari penjumlahan dua bilangan tersebut.
Untuk itu kita membutuhkan dua textblock untuk dua angka
random, dua textblock untuk menulis “+” dan “=”, satu textbox untuk mengisi
jawaban, satu button untuk
start(memunculkan angka random), satu button untuk memeriksa jawaban, serta
satu textblock untuk menampilkan benar/salah
Source codenya seperti ini:
<StackPanel>
<StackPanel Orientation="Horizontal">
<TextBlock x:Name="a1" Text="" FontSize="100"/>
<TextBlock Text="+" FontSize="100"/>
<TextBlock x:Name="a2" Text="" FontSize="100"/>
<TextBlock Text="=" FontSize="100"/>
<TextBox x:Name="jawab" Text="" FontSize="100" Height="150" Width="150"
VerticalAlignment="Top"/>
</StackPanel>
<Button x:Name="btn_start" Content="Start" FontSize="60" Click="btn_start_Click"/>
<Button x:Name="btn_jawab" Content="Jawab" FontSize="60" Click="btn_jawab_Click"/>
<TextBlock x:Name="txt_hasil" Text="" FontSize="100"/>
</StackPanel>
Setelah kita tetapkan UI nya, sekarang kita beralih ke code
(.xaml.cs)
publicsealedpartialclassMainPage : Page
{
Random ini = newRandom();
int bil1;
int bil2;
int answer;
public MainPage()
{
this.InitializeComponent();
}
privatevoid btn_start_Click(object sender, RoutedEventArgs e)
{
bil1 = ini.Next(10);
bil2 = ini.Next(10);
a1.Text = bil1.ToString();
a2.Text = bil2.ToString();
answer = bil1 + bil2;
}
privatevoid btn_jawab_Click(object sender, RoutedEventArgs e)
{
if (Convert.ToInt16(jawab.Text) == answer)
{
txt_hasil.Text = "benar";
jawab.Text = "";
}
else
{
txt_hasil.Text = "salah";
jawab.Text = "";
}
}
}
Kita
membuat random class dengan nama “ini”, kemudian deklarasi int bil1(untuk angka
random pertama), bil2(angka random kedua), answer(hasil dari penjumlahan
nanti).
Setelah
itu pada fungsi click btn_start kita menentukan bil1 dengan random class sampai
angka 10, dan bil2 dengan random class sampai angka 10 juga. Kita setting
textblock a1 dan a2 dengan bil1 dan bil 2 yang terlebih dahulu diubah tipe
datanya menjadi string. Kemudian untuk answer kita tentukan bahwa answer =
bil1+bil2.
Itu
tadi fungsi ketika kita mengklik tombol start yang menghasilkan munculnya kedua
angka random, setelah itu kita menuju btn_jawab_click yang akan memeriksa
jawaban kita benar atau tidak.
Disini kita menggunakan statement (if else), jika jawab.text
yang telah dikonversi menjadi int sama dengan answer, maka txt_hasil akan
menampilkan “benar”, dan jika tidak txt_hasil akan menampilkan salah, dan
textbox kita setting menjadi kosong lagi, berikut screenshot nya:
Ini tampilan awal sebelum kita click tombol start:
Setelah kita tekan button start, angka1 dan angka2 akan
muncul seperti ini:
Kita coba jawab dengan mengisi textbox angka 5, dan setelah
itu kita klik jawab, dan hasilnya :
Bila kita coba ganti dengan angka lain lalu kilik jawab yang
terjadi seperti ini :
Ternata salah, baiklah, kita bisa kembali mengganti soal
dengan mengklik button start :
Soal sudah terganti..







Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Terima kasih telah berkomentar, semoga dapat berguna untuk postingan selanjutnya